.quickedit{ display:none; }

Kamis, 19 Januari 2012

Skema Kapasitor di Motor


Skema Kapasitor di Motor

Sebagian orang menjawab : Sebagai tempat penstabil arus muatan listrik yang baru untuk kemudian disalurkan. Dipakai agar supaya aki tidak gampang tekor, karena arus yang diambil sebagai awalan itu dari Kapasitor bank, bukan dari aki langsung.

Biasa Kapasitor bank ini oleh para CAR Audio Mania.
yang diperlukan hanya :Kapasitor, kabel, sikring & Relay (bisa pake/tidak)
Kapasitor ada di toko elektronik.

Kata akang Wira Sentosa dari SACH (Specialist Auto Colour Speedo) di Pondok Gede, Bekasi "Untuk di motor sih cukup pakai kapasitor bank 0,5 farad (f). Dapat melayani pemakaian arus sampai 500 watt. Tetapi jangan lupa kalau beli, pastikan tegangannya harus 12 volt"
Untuk mencarinya tinggal datangi toko audio. Harga tergantung merek, buatan Taiwan berkisar Rp 450-600 ribu. “Sanggup melayani sekaligus lampu, audio, klakson, rotator sampai spot light,”



Sekarang coba kita pasang. seperti part elektronik biasa lainnya Kaki kapasitor ada dua yaitu: Kaki negatif (-) disambung ke kabel dengan panjang secukupnya dihubungkan ke Negatif Aki (-) atau rangka motor sebagai massa.
Kaki positif (+) untuk setrum. Kaki positif (+) disambung dengan kabel juga disambung kekaki relay nomor 87.
Lanjut pasang relay yang sebenarnya buat menghentikan kerja kapasitor waktu mesin dalam keadaan mati. Kaki relay ada nomor 30, 85, 86 dan 87.
Kaki nomor 30 dihubungkan ke terminal positif aki. Kaki nomor nomor 86 menggunakan kabel dihubungkan menuju massa bodi. Kaki nomor 85 dihubungkan menuju kabel kunci kontak positif (+ ). Khusus di Scorpio kabelnya oranye coklat.




atau bisa juga dengan memasangan kabel plus (+) dan minus (-) dari aki dipasang ke terminal + dan – di kapasitor. Begitu juga dengan kabel yang semula ngambil langsung dari aki dipindahkan ke terminal kapasitor (lihat skema). “Enggak sulit kok masangnya, tinggal dipararelkan,”

Karena ukuran kapasitor yang lumayan besar, sebaiknya ditaruh ditempat yang tidak terlalu mengganggu tapi juga enak dilihat.
selamat mencoba ya bro...

1 komentar:

T-PIQUE mengatakan...

relaynya pakai relay apa ya?belinya dimana?

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Themes | Free Song Lyrics, Cara Instal Theme Blog